PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DALAM KREATIVITAS MENGGAMBAR

Authors

  • Budiati TK PERTIWI 16 BARAN

Keywords:

Kreativitas Menggambar, Metode Pemberian Tugas, Whatsapp

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak dengan melalui whatsapp goup. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas/kelompok B TK Pertiwi 16 Baran Pundong, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan unjuk kerja anak. Data proses kegiatan kreativitas menggambar dengan menggunakan deskreptif kuantitatif, sedangkan unjuk kerja anak dianalisis dengan deskreptif Kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pemberian tugas. Sedangkan teknik yang digunakan yakni Whatsapp group. Dengan Whatsapp group dilakukan dengan guru memberikan informasi tentang tugas yang harus dikerjakan anak dengan pendampingan orang tua melalui Whatsapp group, di grup kelas kelompok B. Langkah-langkah penelitian secara garis besar terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Keempat tahapan ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data ini adalah penilaian observasi proses pembelajaran dengan aspek antusias,kemandirian, ketelitian dan kesabaran dan penilaian hasil karya kreativitas menggambar dengan aspek kerapian,kebersihan, kreativitas dan keindahan kemudian ditulis sebagai instrumen penelitian. Hasil Penelitian Tindakan Kelas dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan kreativitas menggambar dengan mencapai nilai perkembangan BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan BSB (Berkembang Sangat Baik) anak dapat dilihat dari beberapa aspek antara lain : penilaian observasi dari aspek antusias,kemandirian, ketelitian dan kesabaran dan penilaian hasil karya dari aspek kerapian,kebersihan, kreativitas dan keindahan dari siklus satu diperoleh jumlah prosentase sebesar 62,5% sedangkan di siklus dua diperoleh hasil sebesar 87,5%. Dengan demikian dari siklus satu ke siklus dua ada peningkatan sebesar 25%.

References

Agustini, Dewi & Eman Suparman. 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter Bidang Taman Kanak-Kanak. Bandung: PPPPTK TK DAN PLB.

Dewi, Luh Putu Yunita, dkk. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Benda Asli Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak. e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha , Vol.3, No.1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/5875/4235. Diunduh pada 5 Mei 2021, pukul 11.45.

Fitri, Lailatul Nur. 2019. Pemanfaatan Grup WhatsApp Sebagai media Informasi Proses Belajar Anak di KB Permata Bunda. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie.

Hutami, Setyana Meyda & Aninditya. 2020. Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. Jurnal PAUDIA, Vol.9, No. 1. DOI: https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6107.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Magta, Mutiara, dkk. 2014. Penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar bebas. E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2 (No. 1).

Munandar, Utami. 1988. Kreativitas Sepanjang Masa. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Nara, Hartini & Eveline Siregar. 2014. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nuryanti, Lusi. 2008. Psikologi Anak. Jakarta: PT Indeks.

Prastisti, Wiwien Dinar. 2008. Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Purwanta, Edi & Hesti Wulandari. 2021. Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5. DOI: 10.31004/obsesi.v5i1.626.

Sumartini, Tini & Cep Unang Wardaya. 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter Bidang Taman Kanak-Kanak. Bandung: PPPPTK TK DAN PLB.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suyati, Sri & Pandji Anoraga. 1995. Psikologi Industri & Sosial. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.

Upton Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Budiati. (2022). PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI WHATSAPP GROUP UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS DALAM KREATIVITAS MENGGAMBAR. Jurnal Pakar Guru, 2(1), 8–16. Retrieved from https://ejournal-leader.com/index.php/pakar/article/view/13

Issue

Section

Articles