UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MENYUSUN BENDA DENGAN MEDIA KOTAK ANTIK KELOMPOK A TK PEMBINA KECAMATAN BANTUL

Authors

  • Sri Yuniati Hidayatun TK Pembina, Bantul

Keywords:

Aspek Motorik, Kreativitas Menyusun Benda, Media Kotak Antik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas Menyusun benda aspek perkembangan Motorik anak dengan media kotak antic pada anak kelompok A. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas/kelompok A TK Pembina Kecamatan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi dan hasil karya anak. Data proses kegiatan kreativitas Menyusun benda dengan menggunakan deskreptif kuantitatif, sedangkan hasil karya anak dianalisis dengan deskreptif Kualitatif. Media yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Media Kotak Antik. Dimana dalam kegiatan pembelajaran ini dilaksanakan di kelas Langkah-langkah penelitian secara garis besar terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Keempat tahapan ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data ini adalah penilaian observasi proses pembelajaran dengan aspek antusias, konsentrasi, dan ketepatan waktu dan penilaian hasil karya anak meliputi aspek kerapian, komposisi warna, jumlah bentuk yang di buat. Hasil Penelitian Tindakan Kelas dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan kreativitas menyusun benda dengan mencapai nilai perkembangan BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan BSB (Berkembang Sangat Baik) anak dapat dilihat dari beberapa aspek antara lain : penilaian observasi dari aspek antusias, konsentrasi, dan ketepatan waktu, penilaian hasil karya dari aspek kerapian, komposisi warna dan jumlah bentuk yang dibuat dari siklus satu diperoleh jumlah prosentase sebesar 47% sedangkan di siklus dua diperoleh hasil sebesar 86.66 %. Dengan demikian dari siklus satu ke siklus dua ada peningkatan sebesar 39.66 %. 

References

Djamarah, S.B. &Zain, A..(2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: RinekaCipta.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2015). Kurikulum Taman Kanak-Kanak: Pedoman Pengembangan Silabus Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Kesumah & Dwi Rauner, F., et. al. (2008).Handbook of technical and vocational education and training research. Bremen: Springer Science Business Media.

Riana Gusti Ayu. (2018). Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B2 di TK Aisyah Bustanul Athfal Tanjung Raja Lampung Utara. Lampung: Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Rita Jahiti Tanjung. (2016). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Mengenal Huruf Abjad Pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 2, November 2018, P-ISSN: 2527-4287 - E-ISSN: 2527-6794.

Smaldino, S.E., Lowther, D.L., & Russel, J.D.. (2008). Instructional technology and media for learning (Ninth Edition). New jersey: Pearson Education Inc.

Turina Dyah Puspitorini. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flannel Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal CARE 5 (2) Januari 2018, Universitas PGRI Madiun – PG PAUD P-ISSN: 2355-2034 / E-ISSN: 2527-9513

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Sri Yuniati Hidayatun. (2022). UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MENYUSUN BENDA DENGAN MEDIA KOTAK ANTIK KELOMPOK A TK PEMBINA KECAMATAN BANTUL. Jurnal Pakar Guru, 2(1), 83–89. Retrieved from https://ejournal-leader.com/index.php/pakar/article/view/23

Issue

Section

Articles