PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI SENYAWA KARBON KELAS XII

Authors

  • Eri Riabudiarty SMAN 1 Cimahi

Keywords:

Problem Solving, Senyawa Karbon, Metode Pembelajaran, Ketuntasan Hasil Belajar

Abstract

Dilihat dari hasil belajar kimia siswa kelas XII-IPA 2 SMA Negeri 1 Cimahi pada pembahsan sebelumnya, nilai rata-rata siswa menunjukan pada angka 68.78. Metode yang digunakan pada pembelajaran sebelumnya tidak menunjukan hasil standar ketuntasan belajar dikarena kurangnya latihan soal yang diberikan oleh guru kepada siswa. Model pembelajaran problem solving secara teori baik, namun belum diketahui apabila digunakan dalam kemampuan meningkatkan hasil belajar siswa sehingga diharapkan dapat mencapai standar ketuntasan belajar. Tujuan penelitian ini yaitu agar siswa dapat meningkatkan hasil pembelajaran ketuntasan belajar yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran problem solving pada materi Senyawa Karbon. Penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang dilaksanakan pada siswa XI-IPA 2 SMA Negeri 1 Cimahi. Pada setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 74.75, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81.25. Ketuntasan belajar belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I adalah 67.5%, kemudian pada siklus II sebesar 95%. Peningkatan hasil belajar siswa ini diikuti dengan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran.

References

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ansari, Bansu I dan Martinis Yamin.2012. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa.Jakarta: GP Press Group.

Belajar dan Pembelajaran (2012). Sirkulasi PGSD 128 hlm. oleh C . Asri Budiningsih Terbitan: Rineka Cipta, 2012.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Fahma Z. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fatoke, A.O, Ogunlade, T.O, & Ibidiran, V.O. (2013). The Effect of Problem-Solving Instructional Strategy and Numerical Ability on Students’ Learning Outcomes. IJES, 2(10), 97-102.

M, ALwyn O & Piet H. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Nana Syaodih Sukmadinata. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Susanto Ahmad. (2015). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syah M. (2010). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. 2012. Kimia 3 Untuk Untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta : Pusat

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Eri Riabudiarty. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA MATERI SENYAWA KARBON KELAS XII. Jurnal Pakar Guru, 2(2), 173–181. Retrieved from https://ejournal-leader.com/index.php/pakar/article/view/39

Issue

Section

Articles