PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DALAM MENULIS TEKS FUNGSIONAL DAN ESAI PENDEK

Authors

  • Lilis Muliani

Keywords:

Aktivitas dan Hasil belajar siswa, Menulis Esai Pendek, Menulis Fungsional Teks, Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament)

Abstract

Sistem Pendidikan Nasional sampai saat ini menerapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah-sekolah sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yang cenderung teacher-oriented dalam proses belajar mengajar, sehingga diperlukan strategi atau model pembelajaran yang menyenangkan dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah mampu menguasai materi pelajaran dan memilih metode dan model pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan: Untuk menjelaskan efektivitas metode pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran Bahasa Inggris terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bandung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Bandung, yang berlangsung selama dua siklus,Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model TGT, Teknik pengumpulan data melalui tes (pre-test dan post-test), dan lembar observasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu 1) data aktivitas belajar, dan 2) data hasil belajar. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas varian, uji kesamaan rata-rata, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Muliani, L. (2023). PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) DALAM MENULIS TEKS FUNGSIONAL DAN ESAI PENDEK. Jurnal Pijar: Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1). Retrieved from https://ejournal-leader.com/index.php/pijar/article/view/191

Issue

Section

Articles