PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Authors

  • Salamet Salamet

Keywords:

Hasil Belajar Peserta Didik, Pendekatan Kontekstual, Model STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran matermatika melalui pendekatan kontekstual dengan menerapakan model STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 106 Jakarta Timur pada semester ganjil tahun ajaran 2016 / 2017 pada siswa kelas XI-MIPA di SMA Negeri 106 Jakarta Timur dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus dengan empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan tes dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Data dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika kelas XI-MIPA di SMA Negeri 106 Jakarta Timur tahun pelajaran 2016 / 2017 dapat mengalami peningkatan melalui pelaksanaan metode pembelajaran kontektual dengan pendekatan STAD. Hal ini dapat dilihat pada bahwa niai pada awal siklus adalah 56,75, siklus I, 60,50, siklus II 60,75 dan pada siklus III adalah 72,50. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar matematika kelas XI-MIPA di SMA Negeri 106 Jakarta Timur dapat mengalami peningkatan melalui pelaksanaan metode pembelajaran kontektual dengan pendekatan STAD.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Salamet, S. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Jurnal Pijar: Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3). Retrieved from https://ejournal-leader.com/index.php/pijar/article/view/214

Issue

Section

Articles